Lari Gawang

Lari gawang adalah  lomba  lari yang disetiap  lintasannya diselingi  dengan gawang, dan gawang  tersebut harus dilewati atau dilompati oleh setiap pelari. 
Jarak - jarak dalam lari gawang adalah  lari gawang  110 m, lari gawang  200 m, dan lari gawang 400 m. 
Start yang digunakan dalam lari gawang sama dengan start yang digunakan dalam  lari sprint, yaitu menggunakan start jongkok.

Gerakan ketika melompati  gawang dilakukan dengan mengayunkan kaki ke depan dengan  lutut rileks. Kedua lengan diayunkan sewajarnya untuk menjaga keseimbangan tubuh. Ketika berada di atas gawang badan dibungkukkan  ke depan dan kaki belakang  ditarik ke depan. Usahakan waktu melewati gawang, titik ketinggian berada tepat diatas gawang. Setelah  itu mendarat dengan satu kaki dan melanjutkan  gerakan lari kedepan.


Adakalanya seorang pelari gawang sering melakukan  kesalahan - kesalahan  yang elementer atau kesalahan -  kesalahan  yang sederhana, namun kesalahan tersebut berakibat hasil dari lomba itu sendiri. Oleh karena  itu, yang perlu kamu ketahui  tentang  kesalahan - kesalahan  yang terjadi  dalam  lari gawang  adalah  sebagai  berikut:
  • Start yang terlalu bernafsu untuk berlari secepat mungkin,  sehingga timming untuk melompati  gawang  tidak terkontrol.
  • Badan yang kurang condong ke depan, sehingga  lompatan ke atas gawang menjadi  kurang  sempurna.
  • Mengangkat kaki kurang tinggi, sehingga ketika melompati gawang kaki menyangkut atau mengenai gawang. Hal tersebut  dapat mengurangi kecepatan si pelari.
Namun  kesalahan – kesalahan tersebut harus Segera diperbaiki, dan jangan  sekali - sekali  menganggap suatu kesalahan  adalah suatu akhir dari segalanya. Dengan latihan yang rutin dan kemauan  dalam berlatih, maka kesalahan  tersebut akan segera tertutupi  dan kamu dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Berikut  adalah karakteristik - karakteristik  yang  terdapat dalam lari gawang :
  • Bentuk badan atau postur tubuh  yang  ideal bagi pelari gawang  adalah postur  tubuh tinggi dengan kaki panjang dan memiliki kelenturan atau  flexibllity  yang tinggi  pada sendi pinggulnya.
  • Dalam lari gawang kecepatan berlari memang sangat diperlukan namun  yang  tak kalah penting adalah keahlian dalam melompati gawang.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar